Pendampingan Pembelajaran Baca Al Qur’an di Dukuh Karang dan Dukuh Kurahan, Desa Karang, Karangpandan, Karanganyar, Jawa Tengah

Authors

  • Indri Astuti STIQ ISY KARIMA
  • Anisa Taubah Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Isy Karima
  • Izza Nurul Fatimah Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Isy Karima
  • Lu'lun Basyiratul Azizah Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Isy Karima
  • Nur Futiha Addini Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Isy Karima
  • Rayhanah Salsabila Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Isy Karima
  • Sania Rahma Harfia Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Isy Karima

DOI:

https://doi.org/10.58438/khairukum.v1i2.273

Keywords:

Pembelajaran Al-Qur’an, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Berdasarkan survei Direktorat Penais pada Juli 2023, didapati data bahwa sekitar 38,49% masyarakat muslim Indonesia belum memiliki literasi baca Al-Qur’an. Hal ini sangat disayangkan mengingat Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam. Selain itu, membaca Al-Qur’an merupakan ibadah yang utama dalam pandangan Islam. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an masyarakat di Dukuh Karang dan Dukuh Kurahan, Desa Karang, Karangpandan, Karanganyar, Jawa Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 16 Maret sampai 24 Maret 2024. Bentuk kegiatan berupa pendampingan pembelajaran membaca Al-Qur’an bagi santri-santri TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) dan perbaikan bacaan Al_Qur’an bagi ibu-ibu jamaah Masjid Al-Qayyum dan Masjid Ash-Shobur. Selain kegiatan tersebut, terdapat beberapa kegiatan tambahan, seperti kajian keislaman, festival anak sholeh dan bazaar kebutuhan masyarakat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menjadi sarana bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang didapatkan dalam perkuliahan serta pembelajaran dakwah secara nyata agar kelak mampu penjadi penerus dakwah yang andal di masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah, Siti, et al. “Pembelajaran Membaca Al-Qur’an bagi Orang Lansia di Padukuhan Tritis (Studi pada Jama’ah Ngaji Bareng Masjid Ar-Rahman Tritis)” Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama Vol. 18, No.2 (2018): 117-125.

Apriyanti, Abdul Ghafur dan Endang Switri. “Pembinaan Belajar Membaca Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode Al-Husna” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.8, No. 1 (2024) : 115-121.

Gazali, Muhammad Iqbal Ahmad dan Eko Haryanto. “Keutamaan Membaca Al-Qur’an” https://almanhaj.or.id/79060-keutamaan-membaca-al-quran.html diakses 25 Agustus 2024.

Kementerian Agama Republik Indonesia. “ Survei Kemenag, Indeks Literasi Al-Qur’an Kategori Tinggi” https://www.kemenag.go.id/nasional/survei-kemenag-indeks-literasi-al-qur-an-kategori-tinggi-w0A7W di akses 26 Agustus 2024.

Kusuma, Amarizki Purwa dan Mudhofir Abdullah. “Implemetasi Metode Al Husna Sebagai Alternatif Pengenalan Huruf Hijaiyah” Al-Asma: Journal of Islamic Education Vol. 2, No. 2 (2020): 296-303.
Marki, Jamaluddin M. “Keutamaan Membaca Al-Qur’an” https://kemenag.go.id/islam/keutamaan-membaca-al-qur039an-m1p42z diakses 25 Agustus 2024.

Nuraiha. “Pelaksanaan Metode Pengajaran Variatif Pada Pembelajaran Al-Qur’an MAN 1 Tanjung Jabung Timur, Kabupaten Tanjung Jabung Timur” Jurnal Literasiologi Vol. 4, No.1 (2020): 40-50.

Sugiyanto, Bayu Mufti, et al. “Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Metode Littaqwa di SDIT Nur Hidayah Surakarta dan Metode Karimah di MI Nurul Karim Karaganyar Tahun Ajaran 2019/2020” Profetika: Jurnal Studi Islam Vol.21, No. 1(2020): 86-95.

Downloads

Published

2024-09-30