Pendampingan Pembelajaran Baca Al Qur’an di Dukuh Karang dan Dukuh Kurahan, Desa Karang, Karangpandan, Karanganyar, Jawa Tengah
DOI:
https://doi.org/10.58438/khairukum.v1i2.273Keywords:
Pembelajaran Al-Qur’an, Pengabdian MasyarakatAbstract
Berdasarkan survei Direktorat Penais pada Juli 2023, didapati data bahwa sekitar 38,49% masyarakat muslim Indonesia belum memiliki literasi baca Al-Qur’an. Hal ini sangat disayangkan mengingat Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam. Selain itu, membaca Al-Qur’an merupakan ibadah yang utama dalam pandangan Islam. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an masyarakat di Dukuh Karang dan Dukuh Kurahan, Desa Karang, Karangpandan, Karanganyar, Jawa Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 16 Maret sampai 24 Maret 2024. Bentuk kegiatan berupa pendampingan pembelajaran membaca Al-Qur’an bagi santri-santri TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) dan perbaikan bacaan Al_Qur’an bagi ibu-ibu jamaah Masjid Al-Qayyum dan Masjid Ash-Shobur. Selain kegiatan tersebut, terdapat beberapa kegiatan tambahan, seperti kajian keislaman, festival anak sholeh dan bazaar kebutuhan masyarakat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menjadi sarana bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang didapatkan dalam perkuliahan serta pembelajaran dakwah secara nyata agar kelak mampu penjadi penerus dakwah yang andal di masyarakat.
Downloads
References
Apriyanti, Abdul Ghafur dan Endang Switri. “Pembinaan Belajar Membaca Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode Al-Husna” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.8, No. 1 (2024) : 115-121.
Gazali, Muhammad Iqbal Ahmad dan Eko Haryanto. “Keutamaan Membaca Al-Qur’an” https://almanhaj.or.id/79060-keutamaan-membaca-al-quran.html diakses 25 Agustus 2024.
Kementerian Agama Republik Indonesia. “ Survei Kemenag, Indeks Literasi Al-Qur’an Kategori Tinggi” https://www.kemenag.go.id/nasional/survei-kemenag-indeks-literasi-al-qur-an-kategori-tinggi-w0A7W di akses 26 Agustus 2024.
Kusuma, Amarizki Purwa dan Mudhofir Abdullah. “Implemetasi Metode Al Husna Sebagai Alternatif Pengenalan Huruf Hijaiyah” Al-Asma: Journal of Islamic Education Vol. 2, No. 2 (2020): 296-303.
Marki, Jamaluddin M. “Keutamaan Membaca Al-Qur’an” https://kemenag.go.id/islam/keutamaan-membaca-al-qur039an-m1p42z diakses 25 Agustus 2024.
Nuraiha. “Pelaksanaan Metode Pengajaran Variatif Pada Pembelajaran Al-Qur’an MAN 1 Tanjung Jabung Timur, Kabupaten Tanjung Jabung Timur” Jurnal Literasiologi Vol. 4, No.1 (2020): 40-50.
Sugiyanto, Bayu Mufti, et al. “Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Metode Littaqwa di SDIT Nur Hidayah Surakarta dan Metode Karimah di MI Nurul Karim Karaganyar Tahun Ajaran 2019/2020” Profetika: Jurnal Studi Islam Vol.21, No. 1(2020): 86-95.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Indri Astuti, Anisa Taubah, Izza Nurul Fatimah, Lu'lun Basyiratul Azizah, Nur Futiha Addini, Rayhanah Salsabila, Sania Rahma Harfia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.