Pemanfaatan Movie Learning sebagai Media Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar
DOI:
https://doi.org/10.58438/bunyanalulum.v2i1.388Keywords:
Movie Learning, Sejarah Kebudayaan Islam, Motivasi Belajar, Media PembelajaranAbstract
Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) sering dipandang monoton dan membosankan bagi siswa ketika hanya menggunakan metode ceramah konvensional. Penelitian ini bertujuan mengkaji efektivitas Movie Learning sebagai media pembelajaran SKI untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui metode studi literatur dengan menganalisis berbagai sumber pustaka relevan. Hasil analisis menunjukkan Movie Learning memberikan dampak positif signifikan dengan meningkatkan antusiasme siswa hingga 81% dan menciptakan suasana pembelajaran yang dinamis. Metode ini efektif mengatasi permasalahan pembelajaran SKI yang monoton melalui stimulasi visual dan audio yang merangsang aspek emosional, intelektual, dan psikomotorik siswa, serta memperdalam pemahaman konsep materi sejarah kebudayaan Islam. Movie Learning terbukti sebagai alternatif solusi efektif dengan keunggulan menciptakan kesan kuat tentang peristiwa bersejarah, kemudahan pemahaman konsep, dan fleksibilitas akses pembelajaran, meskipun implementasinya memerlukan strategi bijak dari guru agar siswa dapat mengambil manfaat optimal untuk perkembangan akademik dan karakter mereka.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mohammad Archie Hardinagoro, Hafidz

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




