Islamisasi Pendidikan pada Sekolah Islam Terpadu di Indonesia

  • A. Munawar Kholil Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Isy Karima
  • Abdur Rahman Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta
  • Kasori Kasori Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta

Abstract

Berkembangnya Sekolah Islam Terpadu membawa warna dan ciri khas yang berbeda pada lembaga pendidikan Islam di Indonesia bila dibandingkan dengan madrasah dan pesantren. Sekolah Islam Terpadu memadukan antara pendidikan agama yang menjadi ciri khas dari pesantren dan pendidikan modern yang menjadi ciri khas dari sekolah umum. Konsep keterpaduan dibangun dengan memadukan antara pendidikan agama dan pendidikan umum dalam satu kurikulum. Mata pelajaran dan kegiatan pembinaan yang disajikan terintegrasi satu sama lainnya dengan nilai-nilai Islam. Metode penulisan menggunakan kajian pustaka untuk mengetahui Islamisasi di sekolah Islam terpadu. Hasil penelitian dapat disimpulkan konsep integrasi antara Islam dan ilmu pengetahuan pada sekolah Islam Terpadu sudah tertuang dalam kurikulum. Namun keterbatasan sumber belajar dan sumber daya pengajar yang dapat mengintegrasikan antara Islam dan ilmu pengetahuan menjadi tantangan tersendiri dalam upaya mengimplementasikan konsep islamisasi pengetahuan pada Sekolah Islam Terpadu.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-31
How to Cite
KHOLIL, A. Munawar; RAHMAN, Abdur; KASORI, Kasori. Islamisasi Pendidikan pada Sekolah Islam Terpadu di Indonesia. Bunyan al-Ulum : Jurnal Studi Islam, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 137 - 148, july 2024. ISSN 3063-2048. Available at: <http://ejurnal.stiqisykarima.ac.id/index.php/bunyanal-ulum/article/view/243>. Date accessed: 11 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.58438/bunyanalulum.v1i1.243.