Analisis Perbandingan Media Pembelajaran Konvensional dan Digital dalam Pembelajaran PAI

Authors

  • Zendi Ahmad Maghrobi Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Isy Karima
  • Hafidz

DOI:

https://doi.org/10.58438/bunyanalulum.v2i1.378

Keywords:

Media Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Blended Learning

Abstract

Penelitian ini menganalisis perbandingan media pembelajaran konvensional dan digital dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) menggunakan pendekatan literature review komparatif-analitis. Data dikumpulkan dari jurnal ilmiah dan penelitian empiris 5 tahun terakhir. Hasil menunjukkan media konvensional unggul dalam aksesibilitas universal, biaya terjangkau, dan kesesuaian tradisi Islam melalui interaksi personal. Media digital menawarkan interaktivitas tinggi, fleksibilitas akses, dan visualisasi yang sesuai generasi digital. Implementasi optimal memerlukan pendekatan blended learning yang mengintegrasikan kelebihan kedua media. Masa depan pembelajaran PAI terletak pada harmonisasi tradisi dan inovasi untuk transfer ilmu agama yang efektif sambil mempertahankan nilai spiritual Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-31