Analisis Perbandingan Media Pembelajaran Konvensional dan Digital dalam Pembelajaran PAI
DOI:
https://doi.org/10.58438/bunyanalulum.v2i1.378Keywords:
Media Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Blended LearningAbstract
Penelitian ini menganalisis perbandingan media pembelajaran konvensional dan digital dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) menggunakan pendekatan literature review komparatif-analitis. Data dikumpulkan dari jurnal ilmiah dan penelitian empiris 5 tahun terakhir. Hasil menunjukkan media konvensional unggul dalam aksesibilitas universal, biaya terjangkau, dan kesesuaian tradisi Islam melalui interaksi personal. Media digital menawarkan interaktivitas tinggi, fleksibilitas akses, dan visualisasi yang sesuai generasi digital. Implementasi optimal memerlukan pendekatan blended learning yang mengintegrasikan kelebihan kedua media. Masa depan pembelajaran PAI terletak pada harmonisasi tradisi dan inovasi untuk transfer ilmu agama yang efektif sambil mempertahankan nilai spiritual Islam.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zendi Ahmad Maghrobi, Hafidz

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




