Penerapan Growth Mindset dalam Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.58438/bunyanalulum.v2i1.377Keywords:
Growth Mindset, Pendidikan Agama Islam, Inovasi PendidikanAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi integrasi teori Growth Mindset Carol Dweck dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk mengatasi keterbatasan pendekatan doktrinal konvensional yang menekankan hafalan dan pembelajaran pasif. Menggunakan pendekatan kualitatif melalui systematic literature review terhadap 25 publikasi terbaru (2021-2024), studi ini mengidentifikasi tiga strategi transformasi kunci: (1) metode pembelajaran interaktif meliputi diskusi kelompok, project-based learning, dan role-playing; (2) sistem penilaian berorientasi proses yang memanfaatkan penilaian formatif, portofolio, dan self-assessment; dan (3) integrasi praktik refleksi metakognitif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI berbasis Growth Mindset secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, motivasi intrinsik, resiliensi, keterampilan aplikasi kontekstual, dan pengembangan identitas keislaman yang inklusif. Penelitian ini menyediakan kerangka teoretis dan strategi implementasi praktis untuk inovasi pendidikan Islam yang adaptif terhadap tantangan pendidikan kontemporer.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zendi Ahmad Maghrobi, Moh. Danil Warisi, M. Archie Hardinagoro, Mohamad Ali

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




