Implementasi Pelembagaan Al-Qur'an dan Tafsir Melalui Lembaga Online: Studi Kasus di Lembaga Qashwa

Authors

  • Hanna Salsabila UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.58438/alkarima.v8i2.198

Keywords:

Al-Qur’an, ; Lembaga, Online, Qashwa

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji pengajaran Al-Qur’an secara online yang dilakukan oleh lembaga Qashwa. Tulisan ini secara singkat mencakup sejarah berdirinya lembaga, tujuan visi dan misi lembaga, pemeran yang berperan aktif di lembaga, norma yang berlaku di lembaga, metode pengajaran Al-Qur’an secara online yang dilakukan lembaga, serta manfaat lembaga bagi kehidupan sosial masyarakat. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Temuan dari penelitian ini mengungkapkan bahwa lembaga Qashwa hadir dengan maksud untuk menyebarkan pemahaman Al-Qur'an di Indonesia melalui pengajaran yang dilakukan melalui platform online. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman, sehingga pengajaran Al-Qur’an bisa lebih mudah dijangkau, oleh masyarakat Indonesia dan luar negri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulhak, Ishak, and Ugi Suprayogi, ‘Penelitian Tindakan Dalam Pendidikan Nonformal’, Jakarta: PT Raja Grafindo Pustaka, 2012

Agustina, Riska, Paulus Insap Santosa, and Ridi Ferdiana, ‘Sejarah, Tantangan, Dan Faktor Keberhasilan Dalam Pengembangan e-Learning’, Sesindo 2016, 2016 (2016)

Akbar, Ginanjar, ‘Metode Pembelajaran Alquran Melalui Media Online’, Indonesian Journal of Networking and Security (IJNS), 2.1 (2013)

Amin, A Rifqi, Pengembangan Pendidikan Agama Islam; Reinterpretasi Berbasis Interdisipliner (LKiS Pelangi Aksara, 2015)

Anggraeni, Ria Nur, Fina Fakhriyah, and Muhammad Noor Ahsin, ‘Peran Orang Tua Sebagai Fasilitator Anak Dalam Proses Pembelajaran Online Di Rumah’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8.2 (2021), 105–17

Azhari, Riza, and Abdul Halim Wicaksono, ‘Manajemen Pembinaan Karir Sumber Daya Manusia Dalam Pendidikan Islam’, At-Ta’dib, 12.2 (2017), 71

Bafadhol, Ibrahim, ‘Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia’, Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6.11 (2017), 14

Budiatmaja, Brama Saputra, Tb Arief Vebianto, and Ade Sunardi, Leadership In Digital Transformation [Sumber Elektronis] (Penerbit KBM Indonesia, 2022)

Cholik, Cecep Abdul, ‘Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi/ICT Dalam Berbagai Bidang’, Jurnal Fakultas Teknik Kuningan, 2.2 (2021), 39–46

Darono, Agung, ‘Penggunaan Teori Institusional Dalam Penelitian Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Indonesia’, in Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), 2012

Daulay, Haidar Putra, Zaini Dahlan, and Akublan Siregar, ‘Manusia Dalam Pendidikan Islam Menurut Hasan Langgulung’, Islamic Education, 1.1 (2021), 11–20

Elisvi, Julia, Rafia Archanita, Deri Wanto, and Idi Warsah, ‘Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Di Smk It Rabbi Radhiyya Masa Pandemi Covid-19’, Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 5.2 (2020)

Fantini, Endah, and Rousdy Safari Tamba, ‘Mediamorfosis Edukasi Informal Online Melalui Platform Digital Sebagai Peluang Bisnis Baru’, Majalah Ilmiah Bijak, 17.1 (2020), 114–27

Fathoni, Abdurrahmat, ‘Metodelogi Penelitian’, Jakarta: Rineka Cipta, 2006

Herman, Oleh, ‘BAB 2 PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL’, Aplikasi Pembelajaran Digital, 2023, 11

Inten, Dinar Nur Inten Dinar Nur, Helmi Aziz, Khambali Khambali, and Dewi Mulyani, ‘Upaya Meningkatkan Kualitas Pengajaran Al-Quran Di Madrasah Diniyah Berbasis Blended Learning Saat Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 5.1 (2021), 1–9

Juliani, Dian, and Mahfud Sholihin, ‘Pengaruh Faktor-Faktor Kontekstual Terhadap Persepsian Penyerapan Anggaran Terkait Pengadaan Barang/Jasa’, Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 11.2 (2014), 4

Lestari, Diah, Masduki Asbari, and Eka Erma Yani, ‘Kurikulum Merdeka: Hakikat Kurikulum Dalam Pendidikan’, Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2.6 (2023), 85–88

Liliweri, Alo, Perspektif Teoretis Konflik Antar Etnik (Jakarta: Kencana, 2018)

———, Prasangka Dan Konflik; Komunikasi Lintas Budaya Masyarakat Multikultur (LKiS Pelangi Aksara, 2005)

Muchtar, Abdul Haris, Ahmad Maulidizen, Azmil Mustaqor, Nadhira Rizky Chairunnisa, Tamara Alfira Nisa, Heristina Fitri Rukmana, and others, ‘Kelas Tahsin Online Al-Quran: Al-Quran Online Tahsin Class’, KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 1.4 (2021), 6–13

Nurcahyo, Marsanto Adi, ‘Peran Tim Joint Analysis DJBC-DJP Dalam Mengoptimalkan Penerimaan Negara Dari Sector Batubara’, Indonesian Treasury Review: Jurnal Perbendaharaan, Keuangan Negara Dan Kebijakan Publik, 5.1 (2020), 31–45

Patandean, Yulius Roma, and Richardus Eko Indrajit, Flipped Classroom: Membuat Peserta Didik Berpikir Kritis, Kreatif, Mandiri, Dan Mampu Berkolaborasi Dalam Pembelajaran Yang Responsif (Penerbit Andi, 2021)

Prayitno, Wendhie, ‘Implementasi Blended Learning Dalam Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Menengah’, Jurnal Pendidikan, 6.01 (2015)

Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Pusat Bahasa, 2008)

Putranti, Nurita, ‘Cara Membuat Media Pembelajaran Online Menggunakan Edmodo’, Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 2.2 (2013), 139–47

Riyana, Cepi, and M Pd, ‘Konsep Pembelajaran Online’, Modul Pembelajaran On-Line, 1 (2020)

Rukajat, Ajat, Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach) (Sleman: Deepublish, 2018)

Rusadi, Bobi Erno, ‘Tahfiz Online: Sarana Menghafal Alquran Secara Online’, Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 12.1 (2020), 18–33

Saepudin, Juju, ‘Mutu Raudhatul Athfal Di Kota Jambi Dalam Perspektif Standar Pendidikan Anak Usia Dini’, Penamas, 30.2 (2017), 163–82

Sahib, Rahmawansyah, Kemampuan Berbicara Dan Menulis Bahasa Inggris Bersama Google Classroom (Pascal Books, 2022)

Susrizal, Silvia, ‘Guru PAI Dan Usahanya Mengembangkan Potensi Intelektual Siswa Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran’, Proceeding IAIN Batusangkar, 1.1 (2021), 321–30

Taofik, Ahmad, ‘Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia’, Indonesian Journal of Adult and Community Education, 2.2 (2020), 1–9

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Salsabila, H. (2024). Implementasi Pelembagaan Al-Qur’an dan Tafsir Melalui Lembaga Online: Studi Kasus di Lembaga Qashwa. Al Karima : Jurnal Studi Ilmu Al Quran Dan Tafsir, 8(2), 178–202. https://doi.org/10.58438/alkarima.v8i2.198