ISRAILIYYAT DALAM PENAFSIRAN SURAT SHAD (KAJIAN KITAB TAFSIR AL-AZHAR KARYA BUYA HAMKA)

  • Edy Wirastho STIQ ISY KARIMA
  • Shofly Hamka Syaputra

Abstract

Al-Qur'an menyampaikan kisah-kisah sejarah umat manusia yang di dalamnya mengandung nasehat serta pelajaran. Kajian atas kisah dalam Al-Qur`an telah dilakukan dari masa salaf hingga saat ini. Dalam perkembangannya kajian terhadap kisah di dalam Al-Qur`an seringkali dikaitkan dengan kisah-kisah yang ada dalam Taurat dan Injil. Kajian ini dikenal dengan istilah israiliyyat.


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kisah Israiliyat yang ada dalam Tafsir al-Azhar karya Haji Abdul Malik Karim Amrullah (Hamka), khususnya pada Surat Shad serta mengetahui tanggapan Hamka terhadap kisah-kisah tersebut serta memahami ibrah yang dapat dipetik dari kisah-kisah yang dibahas di dalamnya.


Penelitian ini merupakan studi pustaka (library research) dengan pendekatan kajian tematik (maudhu`i).


Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa dalam penafsiran surat Shad pada kitab Tafsir Al-Azhar terdapat kisah israiliyyat seperti kisah datangnya dua malaikat untuk memberi peringatan kepada Dawud karena ingin mengambil istri prajuritnya. Sujudnya Dawud selama 40 tahun sambil menangis karena penyesalan. Ada juga kisah Sulaiman yang lalai beribadah karena asik dengan kuda-kudanya. Sulaiman yang memerintahkan matahari untuk kembali sore. Diambil alihnya kerajaan Sulaiman oleh setan yang menyerupai Sulaiman. Kemudian tentang iblis yang turun dari langit ke tujuh untuk menggoda Ayyub. Serta negosiasi antara iblis yang menyamar menjadi tuhan dengan istri Ayyub. Pada penafsiran tersebut telah dibantah oleh Hamka, baik dengan pendapatnya sendiri maupun menukil pendapat ahli tafsir lainnya. Dari kisah-kisah tersebut dapat kita ambil beberapa ibrah  seperti pelajaran tentang kepemimpinan Nabi Dawud, wujud Syukurnya Nabi Sulaiman serta kesabaran Nabi Ayyub yang bisa kita jadikan tauladan untuk kehidupan kita saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qur`an Al-Karim
Adz-Dzahabi, Muhammad Husein. At-Tafsir wa Al-Mufassirun, jilid 1. Maktabah Mush'ab Bin Umair, 2004.
Adz-Dzahabi, Muhammad Husein. Israiliyat fi At-Tafsir wa Al-Hadist. Kairo: Maktabah Wahbah, t.th.
Al-Qurthubi, Abi Abdillah Muhammad Bin Ahmad Bin Abi Bakrin. Al-Jami' li Ahkam Al-Qur'an. Beirut: Al-Risalah Publisher, 2002.
Anwar, Rosihon. Melacak Unsur-Unsur Israiliyyat Dalam Tafsir Ath-Thabari Dan Tafsir Ibnu Katsir. Bandung: Pustaka Setia, 1999.
Hamka. Tafsir Al-Azhar, jilid 7, cetakan 6. Depok: Gema Insani, 2021.
Hanafi, A. Segi-Segi Kesusastraan Pada Kisah-Kisah Al-Qur'an. Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1984.
Jambak, Febian Fadhly. Filsafat Sejarah Hamka: Refleksi Islam dalam Perjalanan Sejarah, Dalam Jurnal Theologia, Vol.28, No.2 (Desember 2017) Bandung: Uin Sunan Gunung Djati, 2017.
Katsir, Ibnu. Tafsir Al-Qur'an Al-Adzim. Dammam: Dar Ibnu Al-Jauzi, 2010.
Syahbah, Muhammad Abu. Al-Israiliyat Wa Al-Maudhu'at Fi Kutub At-Tafsir, cetakan 4. Cairo: Maktabah As-Sunnah, 1408h / 1987m.
Ulinnuha, Muhammad. Metode Kritik Ad-Dakhil Fit Tafsir. Jakarta: Qaf, 2019.
Published
2022-08-01
How to Cite
WIRASTHO, Edy; SYAPUTRA, Shofly Hamka. ISRAILIYYAT DALAM PENAFSIRAN SURAT SHAD (KAJIAN KITAB TAFSIR AL-AZHAR KARYA BUYA HAMKA). Al Karima : Jurnal Studi Ilmu Al Quran dan Tafsir, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 23-35, aug. 2022. ISSN 2829-3703. Available at: <http://ejurnal.stiqisykarima.ac.id/index.php/AlKarima/article/view/132>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.58438/js.v6i2.132.