Dakwah Minbāriyah sebagai Praktik Living Qur’an di Pesantren

(Studi Kasus Santriwati di Pondok Pesantren Mutiara Qur’an Yogyakarta)

  • Muhammad Alfreda Daib Insan Labib UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Fajriyaturrohmah Fajriyaturrohmah Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini membahas tentang fenomena Santriwati dalam dakwah minbariyah di PPMQ Yogyakarta. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa, kegiatan ini adanya interpretasi pada surah annahl 97. Dakwah Minbariyah, juga memiliki dampak positif terhadap para santri serta musyrifah-musrifah PPMQ. Beberapa diantaranya yakni, melatih santriwati agar terbiasa berbicara didepan umum, kemudian dapat mengembangkan potensi dan atau kemampuan yang dimiliki para santri dan paling utama adalah membiasakan para santri untuk dapat berbicara yang baik dan benar didepan umum. Adapun dalam penelitian ni, penulis mengunakan metode kualitatif dengan pendekatan Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini mencoba pada Teori Konstruksi Sosial Peter I Berber, yang terdiri dari 3 aspek yaityu; Eksternalisasi, Objektivitasi, dan Internalisasi. Adapun didapat kesimpulan, dengan adanya kegiatan da’iyah minbariyah dapat memberikan kesempatan kepada santriwati untuk dapat mengembangkan kemampuan diri sendiri, membiasakan santriwati untuk berbicara didepan umum dan atau khalayak ramai, selain itu karena kurangnya tenaga pendakwah dari Masjid, dan keinginan dari berbagai pihak untuk menghasilkan regenerasi yang berbasis islami terkhusus pada bidang dakwah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussalam Muhammad Abduh, Ma’alim al-Thariq ila al-Bahs wa al-Tahqiq (Kairo: Dar al-Kutub al-Jami’i, 1986)
Abu Al Fida Ismail bin Umar bin Katsir Al Quraisy Ad damasyqi, Tafsir al Qur’an Al adhim vol. 4, ed. oleh Syami bin Muhammad As Salamah, 1 ed. (Riyadh: Dar Thayyibah, 1997)
Baghawi, Al husain bin mas’ud bin Muhammad Al, Tafsir Al Baghawi Ma’alim al tanzil jilid 5, ed. oleh Muhammad Abdullah AnNamr, Utsman Jum’ah Dhomiriyah, dan Sulaiman Muslim Alharsy, 1 ed. (Riyadh: dar at tiba, 1989)
Fitriana Utami Dewi, Public Speaking Kunci Sukses Bicara di depan Publik: Teori dan Praktik, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013)
Hadi, S, Metodologi Research (Yogyakarta: Andi Offset, 1995)
Hafied Cangara, Pengantar ilmu komunikasi, 2 ed. (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2016)
Jalaluddin As suyuthi, dan Jalaluddin Al Mahalli, tafsir al jalalyn, ed. oleh Shofiyurrahman Al Mubarakfuri, 1 ed. (Kairo: Ad Dar Al ’Alamiyah, 2015)
Qurthubi, Abi Abdillah Muhammad bin Ahmad bin abi bakar Al, Al jaami’ li ahkam al Qur’an Juz 12, ed. oleh Abdullah bin Abdul Muhsin At Turki, 1 ed. (Beirut: Al Resalah Publisher, 2006)
Suharsimi Arikunto, Dasar-dasar evaluasi pendidikan, 8 ed. (Jakarta: Bumi Aksara, 2008)
———, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Jakarta: Rineka Cipta, 2019)
Thabari, Ja’far Muhammad bin Jarir Al, Tafsir Al Thabari Jami’ al bayaan ’an ta’wil al Qur’an juz 14, ed. oleh Abdullah bin Abdul Muhsin At Turkiy, 1 ed. (Kairo: Dar al Hajr li at tbiba’ah wa an nasyr, 2001)
Yunus, Z R B, “Studi Living Qur’an Dalam Tradisi Pembacaan Surat Ar-Rum Ayat 21 Sebelum Melakukan Akad Nikah Di Kec. Cot Girek, Aceh Utara,” Liwaul Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Masyarakat …, 11.1 (2021), 122–31
Published
2024-02-28
How to Cite
DAIB INSAN LABIB, Muhammad Alfreda; FAJRIYATURROHMAH, Fajriyaturrohmah. Dakwah MinbÄriyah sebagai Praktik Living Qur’an di Pesantren. Al Karima : Jurnal Studi Ilmu Al Quran dan Tafsir, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 44-62, feb. 2024. ISSN 2829-3703. Available at: <http://ejurnal.stiqisykarima.ac.id/index.php/AlKarima/article/view/193>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.58438/alkarima.v8i1.193.