Pengertian, Teori Dan Konsep, Ruang Lingkup Isu-Isu Kontemporer Pendidikan Islam

  • Pebri Azhari IIM Surakarta
  • Sukari Sukari IIM Surakarta
  • Muhammad Sanusi IIM Surakarta

Abstract

Artikel ini membahas tentang isu-isu pendidikan islam yang terus berkembang, seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi.. Tujuannya adalah mengetahui pengertian isu-isu pendidikan islam, teori dan konsep pendidikan islam, serta ruang lingkup pendidikan islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kajian literatur atau kepustakaan dari beberapa artikel jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengertian isu-isu pendidikan islam merupakan masalah-masalah atau polemik yang terjadi saat ini, terkait dengan perubahan fungsi, tujuan, dan komponen-komponen pendidikan islam yang lainnya, yang menimbulkan perbedaan pandangan dan pemikiran seseorang atau organisasi. Kemunculnya isu-isu kebijakan pendidikan islam tersebut merupakan suatu keniscayaan, dikarenakan perbedaan pandangan dan pemikiran dari para pelaku pendidikan, baik lembaga pendidikan maupun individu masyarakat. Ruang lingkup isu-isu pendidikan islam meliputi; penerapan student centered approach,  kurikulum,  peningkatan kualitas pendidik,  pengelolaan peserta didik, penganggaran, peningkatan mutu pembelajaran, kompetensi lulusan, pengelolaan sarana dan prasarana, yang kesemuanya terangkum dalam empat krisis pokok, yaitu kualitas, relevansi, elitisme dan manajemen.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-12-19
How to Cite
AZHARI, Pebri; SUKARI, Sukari; SANUSI, Muhammad. Pengertian, Teori Dan Konsep, Ruang Lingkup Isu-Isu Kontemporer Pendidikan Islam. Bunyan al-Ulum : Jurnal Studi Islam, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 188 - 206, dec. 2024. ISSN 3063-2048. Available at: <http://ejurnal.stiqisykarima.ac.id/index.php/bunyanal-ulum/article/view/275>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.58438/bunyanalulum.v1i2.275.