Pengaruh Penerapan Metode At-Tartil Bil Qur’an Terhadap Kualitas Bacaan Al-Qur’an Santri Putri Madrasah Qur’aniyyah Al-Husnayain Surakarta
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode at-tartil terhadap kualitas bacaan Al-Qu’an Santri. (1) Metode At-Tartil pada santri di Madrasah Qur’aniyyah Al-Husnayain Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025 (2) Kualitas Bacaan Al-Qur’an pada santri di Madrasah Qur’aniyyah Al-Husnayain Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025. (3) Pengaruh metode At-Tartil terhadap kualitas bacaan Al-Qur’an santri Madrasah Qur’aniyyah Al-Husnayain Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025.Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Adapun variabel bebas dalam penelitian ini adalah Penerapan Metode At-Tartil dan Variabel terikat yaitu Kualitas bacaan Al-Qur’an Populasi pada penelitian ini yaitu santri putri kelas VII,VIII, IX di Madrasah Qur’aniyyah Al-Husnayain Surakarta, Wololapan, Gondangrjo, Karanganyar. Pada bulan Oktober dengan jumlah 29 santri, dan penelitian ini menggunakan sampel dari semua populasi yaitu 29 Santri. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan kuesioner dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini untuk menganalisis data adalah dengan analisis korelasi.