Alternatif Penyelesaian Sengketa dalam Al-Qur’an

  • Muhammad Mukharom Ridho STIQ Isy Karima Karanganyar

Abstract

Dalam perjalanan sejarah kehidupan manusia, tak luput mereka selalu diwarnai berbagai permasalahan konflik mulai dari yang terkecil adalah konflik pribadi hingga konflik kelompok dan bahkan agama, bangsa maupun negara. Kondisi seperti ini menuntut langkah cepat untuk memperbaiki dan merekonsiliasi hubungan antara pihak-pihak terkait sehingga senantiasa tercipta kehidupan yang harmonis saling pengertian dan damai. Usaha penyelesaian sengketa di dalam Al-Qur’an biasa disebut dengan istilah Al-Ishlah. Term ishlah sendiri dapat juga diartikan sebagai perbuatan terpuji dalam kaitannya dengan perilaku manusia. Beberapa ahli fiqih memberikan definisi yang hampir sama meskipun dalam redaksi yang berbeda, arti yang mudah dipahami adalah memutus suatu persengketaan. Dalam penerapan yang dapat kita pahami adalah suatu akad dengan maksud untuk mengakhiri suatu persengketaan antara dua orang yang saling bersengketa yang berakhir dengan perdamaian dan tidak merugikan salah satu pihak (win-win solution). Pada umumnya penyelesaian sengketa dilakukan melalui dua proses. Yaitu melalui proses litigasi didalam pengadilan dan penyelesaian sengketa melalui proses kooperatif di luar pengadilan. Proses penyelesaian sengketa melalui jalur litigasi sering dinilai kurang mampu merangkul kepentingan bersama, bersifat adversal, dapat menimbulkan permasalahan baru, mahal dan kurang responsif. Sementara penyelesaian melalui jalur di luar pengadilan justru cenderung menghasilkan “win win solution”, kerahasiaan pihak-pihak terjamin, prosedur mudah, murah, komprehensif dalam kebersamaan dan tetap menjaga hubungan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Bâqi, Muhammad Fuad. t.t. Al-Mu’jam Al-Mufahras li Alfâdz Al-Quran Al-Karim. Beirut: Dar Al-Fikr.
Al-Asfahany. 1993. Mu’jam Mufradât Alfâdz Al-Quran. Beirut: Dar Al-Fikr.
Al-Atsqalani, Ibnu Hajar. 2008. Nataij Afkar fi Takhriiji Ahaaditsil Adzkar. Daar Ibnu Katsir.
Ali Ash-Shabuni, Muhammad. t.t. Shafwat At- Tafâsir. Beirut: Dar Al-Fikr.
Al-Khatîb, Abdul Karîm. 1996. At-Tafsîr Al- Quran li Al-Quran. Beirut: Dar Al-Fikr.
Al-Maraghi, Ahmad Mushtafa. t.t. Tafsir Al- Marâghy. Beirut: Dar Al-Fikr.
Al-Qurthuby. t.t. Al-Jâmi’ li Ahkâm Al-Quran.
Kairo: Dar Asy-Sya’b.
Asy-Syarbini, Al-Khotib. 1994. Mughni Muhtaj. t.k.: Daarul Ma’rifah.
Asy-Syekh Daud, Abdurrazak. 2003. Al-Fasad Wa Al-Islah-Dirasatun. Damsyiq: Ittihad Al-Kutub Al-’Arab.

Ath-Thabari. 1988. Jâmi’ Al-Bayân ‘an Ta’wîl Ay Al-Quran. Beirut. Dar Al-Fikr.
Az-Zarqani. 1996 Manahil Al-Irfan Fi ‘Ulum Al-Qur’an. Lubnan: Dar Al-Fikr.
Az-Zarqani. 2001. Syarh Az-Zarqani ‘ala Mu- waththa Imam Malik. Beirut: Dar Al-Fikr.
bin Abdullah, Shalih dan Khathib Al-Haram. 2010. Nadhratu An-Na’iim Fi Makaarim Akhlaak Ar-Rasul. Jeddah: Dar Al-Wasi- ilah.
bin ‘Abdullah,Yahya. t.t. Makaarim Al-Akhlaq Fi Al-Qur’aan Al-Karim. Al-Maktabah Asy-Syaamilah.
bin Furaij Al-Ma’la, Fahd. t.t. Fannu Al-Ishlah Baina An-Naas. Al-Maktabah Asy-Sy- aamilah.
Hamka, Buya. 1982. Tafsir Al-Azhar. Suraba-
ya: Bina Ilmu Offset.
Ibnu Al-Utsaimin. 2002. Syarhul Mumti’ ‘Ala Zaadil Mustaqni’. Beirut: Daar Ibnu Al- Jauzi.
Ibnu Mandzûr. 1993. Lisân Al-A’Arab. Beirut: Dar Al-Fikr.
Qudamah Ibnu. 1997. Al-Mughni. Turki: Daar Alimul Kitab.
Rasyid Ridha, Muhammad. t.t. Tafsir Al-Quran Al-Hakim. Beirut: Dar Al-Fikr.
Shihab, Quraish. 2000. Tafsir Al-Misbah. Ja- karta: Lentera Hati.
Published
2018-08-18
How to Cite
RIDHO, Muhammad Mukharom. Alternatif Penyelesaian Sengketa dalam Al-Qur’an. Al Karima : Jurnal Studi Ilmu Al Quran dan Tafsir, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 15-27, aug. 2018. ISSN 2829-3703. Available at: <http://ejurnal.stiqisykarima.ac.id/index.php/AlKarima/article/view/78>. Date accessed: 15 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.58438/alkarima.v1i2.78.