Studi Penafsiran Lafadz Khusyu’ dalam Tafsir Ibnu Katsir
Abstract
Khusyuk merupakan ruh dalam ibadah. Seseorang yang mengamalkan ibadah tanpa menghadirkan kekhusyukan, maka ibarat jasad tanpa ruh. Selain itu, khusyuk merupakan hal pertama yang akan hilang dari umat Islam. Mendalami makna lafadz khusyû’ diperlukan untuk menghadirkan dan meningkatkan kekhusyukan dalam melaksanakan semua amal ibadah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penafsiran terhadap lafadz khusyû’ dalam tafsir Ibnu Katsir dan bagaimana metode Ibnu Katsir dalam menafsirkan ayat-ayat yang terdapat lafadz khusyû’. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan maudhû’i (tematik) dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Hasil analisis dari penelitian ini diketahui bahwa penafsiran lafadz khusyû’ dalam tafsir Ibnu Katsir disesuaikan dengan konteks dan objek yang disandari lafadz khusyû’. Ketika lafadz khusyû’ disandarkan kepada orang beriman, maka maknanya adalah sifat positif yang mewakili sikap tunduk, patuh, taat, takut (kepada Allah), berserah diri, iman yang kuat, dan merasa dalam pengawasan Allah. Sedangkan jika lafadz khusyû’ disandarkan kepada orang yang kafir, maka maknanya adalah sifat negatif yang mendeskripsikan sikap kehinaan, pandangan tertunduk hina, dan derajat yang rendah. Lafadz khusyû’ yang disandarkan kepada bumi bermakna bumi tersebut tidak ada tanaman, kering, dan tandus. Sedangkan ketika lafadz khusyû’ disandarkan kepada gunung, maka maknanya gunung tersebut tunduk dengan bentuk ketundukannya adalah hancur pecah belah. Metode penafsiran yang dipakai secara konsisten oleh Ibnu Katsir dalam menafsirkan ayat-ayat yang terdapat lafadz khusyû’ adalah metode bi al-ma`tsûr.
Downloads
References
Adz-Dzahabi, Muhammad Husain. 1414 H. At- Tafsîr wa Al-Mufassirûn. Kairo: Dâr Al- Hadîts.
Ahmad, Muhammad Ibn Hanbal. Musnad Al- Imâm Ahmad bin Hanbal. 2001. Tahqiq Syu’aib Al-Arnauth dkk. t.k.: Muassasah Ar-Risâlah. Cet. 1.
Al-‘Askariy, Abu Hilal. 2007. Al-Wujûh Wa An-Nazhâir. Tahqiq: Muhammad Utsman.
Kairo: Maktabah At-Tsaqâfah Ad-Dîni- yyah. Cet. 1.
Al-Andalusi, Ibnu Hayyan. 1420 H. Al-Bahr Al-Muhîth Fî at-Tafsîr. Tahqiq: Sidqi Mu- hammad Jamil. Beirut: Dâr Al-Fikr. Cet. 1.
Al-Ashfahani, Ar-Raghib. 1412 H. Al-Mu- fradât Fî Gharîb Al-Qur`ân. Beirut: Dâr Al-Qalam. Cet. 1.
Al-Bukhari, Muhammad Ibn Isma’il. 1422 H. Shahîh Al-Bukhâri. Tahqiq: Muhammad Zuhair Nashir An-Nashir. Dâr At-Thauq An-Najâh. Cet. 1.
Al-Fairuzabadi, Muhammad Ibn Ya’qub. 2005. Al-Qâmus Al-Muhîth. Beirut: Muassasah Ar-Risâlah.
Al-Haddad, Mu`min. 2013. Rahasia Shalat Khusyuk. Terjemahan: Ahmad Syakirin. Solo: Aqwam. Cet. 1
Al-Hilali, Salim bin ‘Ied. 2005. Beruntunglah Orang-Orang yang Khusyuk. Terjemah- an: Ahmad Syaikhu. Bogor: Pustaka Ibnu Katsir. Cet. 1
Al-Jauziyah, Ibnu Qayyim. 1996. Madârij As- Sâlikîn. Beirut: Dâr Al-Kitab Al-‘Arabi. Cet. 3
Al-Jurjani, Ali Ibn Muhammad. 1983. Kitâb At-Ta’rîfât. Beirut: Dâr Al-Kutub Al- ‘Ilmiyyah. Cet. 1.
Al-Khalidi, Shalah Abdul Fatah. 2012. Ta’rîf Ad-Dârisîn bi Manâhij Al-Mufassirîn. Damaskus: Dâr Al-Qalam. Cet. 5.
Al-Qahthani, Sa’id. Al-Khusyû’ Fî As-Shalâh Fî Dhaui Al-Kitâb Wa As-Sunnah. Riyadh: Mathba’ safîr.
Al-Qaththan, Manna’. 2005. Pengantar Studi Ilmu Al-Qur’an. terj. H. Aunur Rafiq El-
Mazni. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar. Cet. 6.
Al-Qurthubi, Abu Abdillah Syamsuddin. 1964. Al-Jâmi’ Li Ahkâm Al-Qur`ân. Kairo: Dâr Al-Kutub Al-Mishriyyah. Cet. 2.
At-Thabari, Ibnu Jarir. 2000. Jâmi’ Al-Bayân Fî Ta`wîl Al-Qur`ân. Tahqiq: Ahmad Mu- hammad Syakir. Beirut: Muassasah Ar- Risâlah. Cet. 1.
At-Tirmidzi, Muhammad Ibn Isa. 1975. Sunan At-Tirmidzi. Mesir: Syarikah Maktabah Mushthafa Al-Bâb Al-Halabi. Cet. 2.
Az-Zarkasyi, Muhammad. 1957. Al-Burhân Fî ‘Ulûm Al-Qur`ân. Tahqiq: Muhammad Abu Al-Fadhl Ibrahim. Beirut: Dâr Ihyâ` Al-Kutub Al-‘Arabiyyah. Cet. 1.
Azwar, Syaifuddin. 1998. Metode Penelitian.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Cet. 1.
Baidan, Nashruddin. 2005. Wawasan Baru Ilmu Tafsir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Cet. 1.
Baqi, Muhammad Fuad Abdul. 2012. Muham- mad. Al-Mu’jam Al-Mufahras Li Alfâdz Al-Qur`ân Al-Karîm. Damaskus: Dâr Al- Basyâir.
Basri, Muhammad Ridha. “Lafaz-Khasyah- Khusr-Khalq-Khair-Khaufâ€. http://blog- ger-meretas.blogspot.com/. Diakses pada 23 Oktober 2014. pukul 04:39 WIB.
Ibnul Jauzi, Abdurrahman. 1984. Nuzhah Al- A’yun An-Nawâzhir Fî ‘Ilmi Al-Wujûh Wa An-Nazhâir. Tahqiq: Muhammad Abdul Karim. Beirut: Muassasah Ar-Risâlah. Cet. 1.
Ibnu Faris, Ahmad. 1979. Mu’jam Maqâyîs Al- Lughah. Beirut: Dâr Al-Fikr.
Ibnu Katsir, Ismail Ibnu Umar. 1999. Tafsir Al- Qur’an Al-‘Azhim. Tahqiq Sami Ibnu Mu-
hammad Salamah. Riyadh: Dar Thayy- ibah. Cet. 2.
Ibnu Manzhur, Jamaluddin. 1414 H. Lisân Al- ‘Arab. Beirut: Dâr Shâdir. Cet. 3.
Ibnu Taimiyah, Taqiyyudin. 1980. Muqad- dimah Fî Ushûl At-Tafsîr. Beirut: Dâr Maktabah Al-Hayah.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. Departemen Pendidikan Nasional. Diambil dari http:// pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi.
Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta Selatan: GP Press Group. Cet. 1.
Muslim, Abu Al-Hasan. Shahih Muslim. Tahq- iq: Muhammad Fuad Abdul Baqi. Beirut: Dâr at-Turâts Al-‘Arabi. Cet. 1.
Narbiko, Cholid dan Abu Achmadi. 2001. Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara. Cet. 3
Syuhbah, Abu. 1408 H. Al-Israiliyyat wa Al- Maudhu’at fi Kutub At-Tafsir. Kairo: Maktabah As-Sunnah. Cet. 1
Thabrani, Sulaiman Ibn Ahmad. 1944. Al- Mu’jam Al-Kabîr. Kairo: Maktabah Ibn Taimiyyah. Cet. 1
Tim Ahli Tafsir di Bawah Pengawasan Shafi- yurrahman Al-Mubarakfuri. 2011. Al- Mishbâh Al-Munîr Fî Tahdzîb Tafsîr Ibni Katsîr. Bogor : Pustaka Ibnu Katsir. Cet. 6