Studi Penafsiran Mitsaqan Ghalizha dalam Tafsir Fii Zhilalil Qur’an
Abstract
Tujuan Al-Qur’an diturunkan adalah untuk memberi petunjuk bagi manusia, yang menuntun kepada jalan yang lurus. Petunjuk-petunjuk yang mengandung pesan moral tersebut, harus dipahami dan diinterpretasikan dari setiap kata tanpa ada kepentingan dan tendensi yang menguntungkan diri sendiri. Berbagai pesan moral dalam Al-Qur’an harus dipelajari dan dipahami secara utuh dan komprehensif. Termasuk diantaranya adalah masalah janji. Terdapat banyak terminologi janji dalam al-Qur’an, salah satunya adalah mîtsâqan ghalîzha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penafsiran Sayyid Quthb terhadap ayat-ayat mîtsâqan ghalîzha dalam perspektif Tafsir Fî Zhilâlil Qur’an dan pendekatan yang beliau gunakan dalam menafsirkan ayat-ayat tersebut. Penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) melalui pendekatan tafsir maudhu’i (tematik) dengan kombinasi komparatif (perbandingan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mîtsâqan ghalîzha menurut Sayyid Quthb adalah tali yang terpintal kemudian dipakai untuk menggambarkan tentang sumpah dan perjanjian yang bersifat kuat, kokoh dan mantap. Dan pendekatan yang beliau gunakan untuk menafsirkan ayat-ayat mîtsâqan ghalîzha dalam tafsir Fî Zhilâlil Qur’an adalah tahlili.
Downloads
References
Al-Qaththan, Manna. 2005. Pengantar Studi Ilmu Al-Qur’an, terjemah Aunur Rafiq el- Maz-ni. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
As-Sa’di, Abdurrahman bin Nashir. 1999. Tai- sir al-Karim ar-Rahman fi Tafsir Kalam al-Manan. Riyadh: Dar al-Ashimah.
Baidan, Nashruddin. 1998. Metodologi Penaf- siran Al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Pe- lajar Offset.
Dhaif, Syauqi. Al-Mu’jam Al-Wasith. Mesir: Maktabah Shurouq ad-Dauliyyah. 2011.
Dzahabi, Husein. At-Tafsir wa al-Mufassirun.
Nasyr: Tuzi’. 2005.
Departemen Agama. Mushaf Al-Qur’an Ter- jemah. Depok: Al-Huda. 2002
Katsir, Ibnu. Tafsir Ibnu Katsir, edisi Indonesia juz 3-6. Riyadh: Maktabah Darussalam. 2000.
definisi atau ta’rif tema surat, menafsirkan , Tafsir Ibnu Katsir, edisi Indonesia
ayat ini dengan terlebih dahulu membagi segmen secara tematis, yang setiap segmen menggambarkantopikyangsedangdibahas. Selain itu juga menyebutkan potongan
juz 20-24. Riyadh: Maktabah Darussalam. 2000.
Kholidi, Abdul Fatah. Ta’rifu ad-Darisin bi Manahiji al-Mufassirin. Damaskus: Darul Qalam. 2012
Mahalli, Jalaluddin dan Jalaluddin as-Suyuthi.
Tafsir Jalalain. Pdf
Majma’ Al-Lughoh Al-Arobiyyah. Al-Mu’jam li Alfadhil al-Qur’an al-Karim. Mesir: Majma’ Lughoh Arabiyyah. 1989.
Quthb, Sayyid. Tafsir Fii Zhilaalil Qur’an (Di Bawah Naungan al-Qur’an), terj. As’ad Yasin jilid 4, dkk. Jakarta: Gema Insani Press. 2004
------------ Tafsir Fii Zhilaalil Qur’an (Di Bawah Naungan al-Qur’an), terj. As’ad Yasin jilid 5, dkk. Jakarta: Gema Insani Press. 2004
------------ Tafsir Fii Zhilaalil Qur’an (Di Bawah Naungan al-Qur’an), terj. As’ad Yasin jilid 21, dkk. Jakarta: Gema Insani Press. 2004
Quthb, Sayyid. Fii Zhilaalil Qur’an. Beirut: Darusy Syuruq. 1992.
Quthb, Sayyid. Tashwir al-Fanny fii al-Qur’an.
Kairo: Dar al-Syuruq. 2002.
Rohimin. 2007. Metodologi Ilmu Tafsir. Yog- yakarta: Pustaka Pelajar.
Salim, Bahnasawi. 2003. Butir-butir Pemikiran Sayyid Quthb. Jakarta: Gema Insani Press.
Shihab, Quraish. 1998. Membumikan Al- Qur’an. Bandung: Mizan.
Warsito, Hermawan. 1992. Pengantar Meto- dologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Uta- ma.